Sabtu, 27 Desember 2014

Jadikanlah Al-Qur'an Sebagai Sahabat

Assalaamu’alaikum warohmatullaah wabarokaatuh..

   Alhamdulillaah. Allah masih memberikan diri ini untuk bisa menikmati kesejukan udara pagi. Desiran angin ini begitu menenangkan. Begitupun tilawah qur’an yang di bacakan syaikh Abdurahman Sudais ini. Menentramkan, mampu membuat diri seakan berada pada tempat yang begitu di rindukan..
  Pagi ini, aku teringat akan waku fajar itu. Saat ukhuwah itu Allah hadirkan. Di keheningannya, Allah menyadarkan betapa besar kuasa-Nya. ketika DIA ingin mengangkat dan memuliakan seorang hamba.
   Saat fajar itu, air mata ini hanya bisa mampu mengalir dengan rasanya. Ada kalimat yang begitu indah dan begitu menenangkan tercipta dari seorang teman pada saat itu. Kalimat yang mampu membuat diri ini ingin selalu berada pada jalan ini. “Sesungguhnya aku seperti ini karena keberkahan yang ada pada Al-Qur’an”. Masyaa Allah. Itulah kalimat yang di ucapkan salah seorang teman. Kalimat yang memang terlihat singkat, namun begitu dalam makna yang terkandung di dalamnya. Aku begitu kagum dengan dirinya. Betapa dekatnya ia dengan Al-Qur’an. Aku jadi teringat pada salah satu Hadist Riwayat Muslim. “Sesungguhnya Allah mengangkat derajat suatu kaum karena kitab ini (yakni Al-Qur’an) dan merendahkan kaum lainnya dengannya. (H.R Muslim).
   Dan kini, aku semakin yakin pada jalan ku pilih ini. aku mencoba mencari hikmah yang ada pada fajar itu. Dan ternyata benar betapa pentingnya fokus dan ketekunan dalam sebuah keberhasilan yang di capai. “Ketika diri mu mampu fokus terhadap apa yang di impikan, maka jalan menuju kesana akan terbentang begitu luas. Dan jika diri mu mampu tekun terhadap jalan yang engkau yakini, maka keyakinan itu akan menjadi penguat dalam setiap jalan yang engkau lalui”.
   Aku teringat akan kisah perjalanan hidup yang telah aku lalui selama ini. Dalam perjalanan kisah ini, Al-Qur’an adalah menjadi penghibur bagi tiap duka yang menghampiri. Inilah salah satu firman-Nya yang benar-benar merasuk ke dalam hati dan pikiran ku, “Hai Orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat; Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. (Q.S Al-Baqarah : 153). Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu akan datang kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu akan datang kemudahan. (Q.S Al-Insyirah : 5-6).
   Jazakallaah ku ucapkan kepada guru ku. Do’a terindah untukmu, yang telah mengajak ku untuk menanamkan dan mengajarkan Al-Qur’an. Karena perantara beliau lah diri ini bisa setahap demi setahap untuk bisa menggapai impian yang telah aku rajut ini. Semoga aku tetap istiqomah pada jalan ini.
   Maka, betapa benar, sesungguhnya ketika kita berteman dan hidup bersama Al-Qur’an, maka Allah akan senantiasa menjaga dan senantiasa memberikan jalan kepada kita, bahkan dengan jalan yang tak terduga.

  Sesungguhnya Allah dan para Malaikat, serta semua makhluk di langit dan di bumi, sampai semut dalam lubangnya dan ikan (di lautan), benar-benar bershalawat/mendoakan kebaikan bagi orang yang mengajarkan kebaikan (ilmu agama) kepada manusia". (H.R At-Tirmidzi dan Ath-Thabrani)

   “Barangsiapa yang mencintai al -Qur`an, maka ia akan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.” (H.R At Thabrani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar